Cara Mengatasi Rambut Rontok

Di Rambut Rontok 184 views

Mengatasi rambut rontok dengan tradisional masih banyak ditemui di beberapa daerah, hal ini terjadi karena selain pengolahannya yang mudah dan aman untuk digunakan. Anda bisa saja melakukan perawatan rambut di salon atau mall asal anda punya budget yang sesuai. Cara mengatasi rambut rontok secara alami ini diperlukan tanaman – tanaman yang berguna untuk menyuburkan dan memperkuat akar rambut. Karena rambut bagus pun pasti tidak akan cukup tanpa diimbangi dengan akar rambut yang subur dan kuat. Jadi, meskipun rambut sudah tumbuh kembali, rambut juga harus kuat sehingga kedepannya tidak akan terjadi berbagai permasalahan rambut seperti rontok, bercabang, dll yang terjadi karena lapisan pelindung rambut yang telah rusak dan pecah akibat terkena perawatan-perawatan rambut dengan peralatan modern seperti catok, hairdryer, dll. Ada beberapa tanaman yang bisa anda gunakan sebagai cara merawat rambut rontok secara alami yakni tali putri, seledri, teh, kecambah, alpukat, waru. Berikut pembahasan tips mengatasi rambut rontok secara alami :

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Tali Putri

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Tali Putri

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Tali Putri

Tali putri (Cassytha filiformis L) termasuk tumbuhan parasit. Tumbuh merambat dan membelit pada bagian atas tanaman lain. Pertumbuhan tidak teratur dan dapat menutup tanaman induk sampai mati. Tali putri tersebar di daerah tropis. Ditemukan pada beberapa tumbuhan perdu dan pohon-pohon yang rendah di semak belukar dan lapangan terbuka.

Cara pengolahannya adalah: Ambil segenggam tumbuhan tali putri segar. Cuci bersih lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air bersih sambil diremas-remas sampai lendirnya keluar. Peras dan saring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul lalu digunakan untuk membasahi kulit kepala beserta rambut. Lakukan setelah mandi sore. Keesokan paginya rambut dicuci bersih. Lakukan 2 kali seminggu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Seledri

Seledri (Apium graveolens L.) berasal dari daerah subtropik Eropa dan Asia. Un uk pertumbuhannya memerlukan cuaca yang lembab. Seledri tumbuh subur di dataran tinggi yaitu di atas 900 m dpl. Di dataran rendah juga bisa tumbuh, hanya saja ukuran batangnya menjadi lebih kecil dan hanya digunakan untuk penyedap masakan.

Cara pengolahannya adalah: Ambil 7-10 tangkai daun seledri. Cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah rambut dicuci, hasil tumbukan daun seledri ini digosokkan ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan sepotong handuk selama lebih kurang 1 jam. Baru kemudian rambut dibilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh

Teh (Camellia sinensis [L.] Kuntze) umumnya ditanam diperkebunan, dan dapat tumbuh pada ketinggian 200-2.000 m dpl. Ada 2 kelompok varietas teh yang terkenal, yaitu var. assamica yang berasal dari Assam dan var sinensis yang berasal dari China. Selain digunakan untuk minuman, ternyata tanaman teh ini juga mempunyai berbagai manfaat bagi rambut.

Cara pengolahannya adalah: Ambil air teh yang kental sebanyak 1 cangkir lalu diembunkan selama 1 malam. Keesokan paginya dapat dipakai untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan 1 kali setiap hari, sampai kelihatan hasilnya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Waru

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Waru

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Waru

Waru (Hibiscus tiliaceus L) merupakan tumbuhan tropis yang tumbuh di pantai atau di dekat pesisir. Pohon yang tingginya 5-15 m ini dapat ditemukan tumbuh liar dihutan dan di ladang. Kadang ditanam dipekarangan atau ditepi jalan sebagai pohon pelindung. Daun waru mempunyai diameter sekitar 19 cm, berbentuk seperti tanda cinta atau jantung, terkadang juga berbentuk bundar seperti telur. permukaan atas berwarna hijau, sedangkan pada bagian bawah berambut abu-abu rapat.

Cara pengolahannya adalah: Ambil daun waru muda sebanyak 15 lembar lalu dicuci dan diremas-remas dalam 1 gelas air bersih sampai airnya mengental seperti selai. Peras dan saring dengan sepotong kain. Kumpulan cairan tersebut kemudian diembunkan selama 1 malam. Besoknya baru cairan tersebut bisa digunakan dengan cara melumurkannya ke rambut dan kulit kepala hingga bawah. Cairan ini dapat menimbulkan kepala jadi terasa sejuk dan rambut pun akan tumbuh dengan sangat subur.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kecambah

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kecambah

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kecambah

Bahan-bahan berupa kecambah / tauge. Sangat bermafaat bagi rambut yang sudah mulai rontok. Kecambah mempunyai kandungan vitamin E, sehingga kecambah juga mampu membuat rambut jadi lebih subur, halus dan juga makin hitam.

Cara pengolahannya adalah: Ambil kira-kira setengah ons kecambah lalu cuci bersih. Kecambah tersebut diremas-remas dengan menambahkan seperempat cangkir air bersih, kemudian disaring dan diusapkan ke kulit kepala serta rambut. Tutup rambut anda dengan handuk kecil selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci rambut anda dengan air hangat hingga bersih. Anda juga bisa memakai shampo agar bisa lebih bersih lagi. Setelah itu, bilas rambut anda dengan air dingin.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alpukat

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alpukat

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Alpukat

Buah alpukat. Buah ini banyak mengandung protein dan zat lemak, karena itu baik sekali dipakai untuk menyuburkan rambut. Zat-zat tersebut diberikan melalui pori-pori kulit kepala.

Cara pengolahannya adalah: Potong buah alpukat jadi 2. Kemudian haluskan setengah buah alpukat yang telah dipotong tersebut. Jika sudah, anda bisa memulainya dengan mencuci rambut anda dengan air hangat terlebih dahulu, baru kemudian oleskan buah alpukat yang telah dihaluskan tersebut ke kulit kepala dan rambut anda hingga merata. Lalu rambut dibungkus selama 15 menit. Setelah itu rambut dicuci dengan air hangat dan diakhiri dengan air dingin. Sekedar untuk diketahui, buah alpukat mempunyai banyak manfaat bagi rambut. Selain digunakan untuk mengatasi rambut rontok, buah yang mempunyai nama latin Persea americana ini juga bisa digunakan untuk merawat rambut rusak secara umum yang mungkin disebabkan oleh kesalahan perawatan misalnya akibat catok, smoothing atau rebonding. Jika tidak melakukan perawatan dengan benar dan tepat setelah melakukan catok, smoothing atau rebonding, maka kutikula rambut akan retak dan pecah yang mengakibatkan rambut rontok, bercabang, bahkan akan terlihat kering terus.

Demikianlah tips mengenai cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan 6 tanaman yang mudah dicari disekitar kita. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengolahannya, namun perawatan rambut alami seperti ini pastinya akan sangat bagus untuk rambut anda. Selain beberapa resep di atas, anda bisa mencoba tips lain yang pastinya juga secara alami menggunakan tanaman bandotan, urang Рaring dan padi. Mungkin kah tanaman ini bisa digunakan untuk perawatan rambut? Silahkan baca artikelnya di sini: Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Tags: #Alpukat #cara merawat rambut #Kecambah #rambut rontok #Seledri #Waru

Perawatan Rambut Rusak Dengan Shampo
Perawatan Rambut Rusak Dengan Shampo
Perawatan rambut rusak dengan shampo adalah hal
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Ketombe terjadi akibat pengelupasan kulit mati berlebihan
Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Rambut rontok menjadi sebuah masalah bagi sebagian
Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami
Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami
Bagaimana sih cara merawat rambut rusak secara

Tinggalkan pesan "Cara Mengatasi Rambut Rontok"

Baca Juga×

Top