Perawatan Rambut Rusak Dengan Shampo

Di Rambut Rusak 195 views

Perawatan rambut rusak dengan shampo adalah hal mudah yang kadang dilupakan oleh sebagian orang. Namun, terkadang juga menjadi hobi bagi beberapa kaum wanita. Alhasil, perawatan rambut jadi rutinitas harian, Wow Keren!. Sebagaimana kita ketahui bahwa kecantikan berasal dari kesehatan dan kesehatan akan didapat dari kebersihan. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap bersih dan sehat setiap hari. Kebersihan kulit kepala dan rambut merupakan langkah awal untuk keindahan rambut yang ditandai dengan rambut terlihat lemas, berkilau, subur dan mudah diatur atau ditata. Rambut rusak biasanya terjadi karena salah perawatan dengan bahan kimia, misal bagi mereka yang ingin mewarna rambut, keriting permanent, atau relaxers. Dengan perawatan rambut rusak secara alami menggunakan shampo, anda bisa mengembalikan kecantikan mahkota anda.

Perawatan Rambut Rusak Dengan Shampo

Mencuci rambut (keramas) atau dalam ilmu kecantikan disebut shampoing merupakan pekerjaan utama yang harus dilakukan dalam perawatan rambut rusak. Mencuci rambut atau keramas bertujuan untuk menghilangkan debu, minyak/sebum yang dikeluarkan oleh kelenjar lemak serta keringat bercampur dengan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara tropis yang beriklim panas dimana banyak memancarkan udara yang menyebabkan banyaknya minyak yang keluar dari permukaan kulit kepala dan keringat bercampur dengan kotoran-kotoran lain. Hal ini dapat memberi kemungkinan bertumbuhnya gangguan kulit kepala, antara lain rasa gatal ketombe, fungus dan lain-lain, serta dapat juga merusak kulit kepala.

Sebelum melakukan perawatan rambut rusak, haruslah benar – benar dipahami jenis dari rambut, jenis shampo serta air yang digunakan juga harus yang bebas dari mineral, zat kapur dan kaporit, tidak berwarna/berwarna bening dan rasanya segar serta tidak berbau. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan rambut rusak adalah sebagai berikut:

Memilih Jenis Air Perawatan Rambut Rusak

Memilih Jenis Air Perawatan Rambut Rusak

Memilih Jenis Air Perawatan Rambut Rusak

Air adalah zat yang amat penting bagi kelangsungan kehidupan. Karena air terdiri dari zat hidrogen dan oksigen(H2O). Berdasarkan sifat air maka dapat dibedakan atas 2 jenis antara lain:

A. Air yang bersifat lunak
Air yang bersifat lunak rasanya hambar dan kurang menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi baik sekali digunakan sebagai air pembilas dalam penyampoan, karena akan dapat segera menimbulkan busa yang banyak dengan daya pembersih yang baik. Air lunak dapat diperoleh dengan cara menampung air hujan atau dengan cara melunakkan air yang bersifat keras dengan menambahkan zat tertentu atau dengan jalan disuling yang disebut “Aquadest”.

B. Air yang bersifat keras
Air yang bersifat keras mengandung garam-garam kalsium atau magnesium yang larut di dalamnya. Tetapi air yang bersifat keras tidak baik digunakan sebagai pembilas maupun dalam penyampoan, terutama jika digunakan shampo sabun. Dengan shampo sabun, air yang bersifat keras akan membentuk endapan dan tidak dapat segera membentuk busa banyak dengan cepat.

Penyampoan (Shampooing) Rambut Rusak

Penyampoan untuk perawatan rambut rusak, usahakan memakai shampo yang tidak alkalis (non-alkalis), dan memiliki PH seimbang (PH-balanced), maksudnya adalah shampo tersebut memiliki tingkat keasamaan dengan tingkat pada keamanan fisiologis kulit kepala dan rambut, yaitu antara 4,5-6,5. Dalam kondisi yang agak asam ini, rambut tidak kering kutikula rambut tidak terbuka sehingga rambut tidak menjadi kasar dan kaku bila diraba. Dengan pembilasan yang sempurna rambut akan bersih, lembut, berkilat, dan licin, sehingga mudah disisir dan dibentuk. Untuk itu perawatan rambut haruslah segera dilakukan agar rambut tidak semakin parah. Berikut langkah – langkahnya :

Melaksanakan Penyampoan (Shampooing)

Sebelum perawatan rambut rusak melalui proses penyampoan, seorang harus mengetahui jenis rambut, kondisi kulit kepala dan rambut. Hal ini untuk mengetahui karakteristik rambut dalam memilih sampo. Secara tertib langkah proses penyampoan adalah sebagai berikut:

  1. Sisirlah rambut anda terlebih dahulu depan ke belakang, belakang ke depan, ke samping kiri dan kanan, lalu dari depan ke belakang kembali. Tujuan penyisiran adalah untuk menghilangkan kekusutan rambut dan melepas rambut yang telah rontok.
  2. Persediaan air yang akan dipakai. Sediakan air hangat disamping air dingin, sebab pemakaian air hangat akan membantu mempercepat pelarutan lemak dan kotoran pada rambut dan basahi rambut sampai merata.
  3. Basahi rambut dengan hati-hati, air jangan sampai memercik ke wajah. Untuk menghindari hal tersebut maka pada waktu menyiram/menyemprotkan air dimulai dari hair line dengan telapak tangan diletakkan disekitar hair line tersebut.
  4. Beri shampo sepanjang garis rambut bagian depan, lalu ke bagian belakang, bagian atas kepala sambil kedua tangan mengusap-usap shampo sampai berbusa.
  5. Gosoklah rambut dengan gerakan rotasi atau zig-zag dengan bantalan jari tangan, jangan digaruk, dan berikan pengurutan secara ringan. Cara menggosok dilakukan disepanjang garis rambut (hair line) bagian muka, tangan kiri mulai dari tengah kepala ke arah kuping kiri begitu juga tangan kanan ke arah kuping kanan, dengan gerakan bersamaan secara rotasi. Lalu pada bagian belakang kuping, tangan kanan menggosok belakang kuping kanan ke arah tengah belakang kepala, tangan kiri menggosok belakang kuping kiri ke arah tengah belakang kepala.

Cara Pembilasan Rambut Setelah Shampooing

Cara Pembilasan Rambut Setelah Shampooing

Cara Pembilasan Rambut Setelah Shampooing

Lakukan pembilasan pada rambut dengan cara rambut disiram perlahan-lahan, sewaktu menyiram rambut, usahakan air jangan sampai melewati garis batas rambut, apabila melewati akan dapat mengenai wajah anda. Membilas rambut/sisa-sisa harus benar-benar terbuang dengan bersih, terutama didekat telinga, sisi sebelah kiri dan kanan serta dibagian belakang kepala. Bila membilas/membuang sisa-sisa sampo tidak bersih, sisa shampo akan menimbulkan mutira (kelainan) pada rambut.

Selesai pembilasan rambut, kemudian bungkuslah rambut dengan handuk dan lipat rapi lalu dijepit lipatan handuk tersebut dengan jepit bergerigi agar tidak lepas. Keringkan rambut anda dengan menggunakan handuk kering (dry towel) sambil ditekan-tekan pada rambut sampai kering. Perhatikan juga mengeringkan rambut dengan mempergunakan handuk jangan sampai rambut digosok, karena dapat mengakibatkan rambut menjadi panas dan kulit ari atau kulit batang rambut mengembang sehingga terlihat pada rambut terjadinya penguapan yang berlebihan. Akibatnya rambut menjadi bertambah kering dan rapuh/mudah patah serta ujung rambut pecah- pecah. Perawatan rambut rusak memang harus dengan prosedur yang ada agar bisa mengembalikan kondisi rambut lebih indah.

Demikianlah sedikit tips perawatan rambut rusak dengan shampo untuk mengembalikan keindahan rambut anda. Perawatan rambut bisa anda lakukan secara teratur dengan melakukan tips diatas dengan mudah. Tips di atas juga bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Pergunakan shampo yang baik mutunya dan sesuaikan dengan jenis kulit kepala dan rambut anda. Penyampoan dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu, khusus untuk rambut berminyak dapat dilakukan 3 kali seminggu. Jaga rambut anda, karena rambut anda adalah mahkota.

Tags: #cara merawat rambut #Rambut Rusak #Shampo

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Mengatasi rambut rontok dengan tradisional masih banyak
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Ketombe terjadi akibat pengelupasan kulit mati berlebihan
Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Perawatan Rambut Rontok Secara Alami
Rambut rontok menjadi sebuah masalah bagi sebagian
Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami
Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami
Bagaimana sih cara merawat rambut rusak secara

Tinggalkan pesan "Perawatan Rambut Rusak Dengan Shampo"

Baca Juga×

Top